top of page

KKP dan TNI Sepakat Perketat Penjagaan Laut dari Pencuri


PT. SOLID GOLD BERJANGKA BALI - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). KKP dan TNI akan bersinergi menjaga kedaulatan dan sumber daya laut Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dilakukan di gedung Mina Bahari IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019). Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti serta disaksikan sejumlah petinggi TNI juga pejabat KKP.

"Saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh staf pejabat KKP yang sudah memproses ini sehingga hari ini kita saksikan bersama. Kita semua bertekad lakukan sinergitas antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dan TNI," kata Marsekal Hadi di lokasi. Hadi mengatakan Indonesia memiliki kekayaan laut yang sangat luar biasa. Menurutnya, bila kekayaan itu tak dijaga maka ke depan rakyat Indonesia tak bisa merasakannya.

"Kami sadari negara ini kaya kalau kita tidak jaga kekayaan itu akan hilang dan kita tidak akan merasakannya, Semua ada di tempat kita, mulai dari teri hingga paus ada di negara kita," tambahnya.

Untuk itu, Hadi mengatakan TNI siap mendukung penuh KKP dalam menjaga kekayaan laut Indonesia. Ia pun menyiapkan pasukan untuk menjaga kekayaan laut Indonesia.

"Kami siap gelar kekuatan kalau diperlukan, mulai dari kita tangkap pencuri-pencuri di laut. Kita lindungi semua (kekayaan laut Indonesia)," sebutnya.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan sebenarnya kerja sama antara KKP dan TNI sudah terjalin sejak lama. Ia mengatakan penandatangan MoU ini hanya untuk semakin mempermudah dalam kerja sama.

"Selama ini kita sudah kerja sama dengan TNI. Apa yang diraih KKP dalam menjaga sumber daya laut itu berkat TNI," ucap Susi.

Susi mengatakan kekayaan laut Indonesia merupakan masa depan bangsa. Untuk itu, kekayaan laut itu wajib untuk dijaga.

"Nilai yang ada di laut kita kaya raya. Sumber daya energi, tambang, ikan, air dan sebagai. 70 persen negara kita laut, jadi laut wajib dijaga kedaulatannya, karena di laut kesempatan anak bangsa," kata Susi.


SUMBER : DETIK.COM

3 views0 comments

Comments


bottom of page